Keindahan Pantai Melasti Ungasan - Trippy Bali

breaking news

Friday, June 8, 2018

Keindahan Pantai Melasti Ungasan


Bicara soal pulau Bali tidak terlepas dari pesona pantainya yang seperti tidak ada habisnya. Pantai-pantai yang sudah terkenal sejak dulu seperti Pantai Sanur dan Pantai Kuta bahkan masih sangat populer hingga saat ini. Pantai-pantai lainnya yang baru populer belakangan seperti Pantai Pandawa dan Pantai Padang Padang juga masih tetap menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan yang datang ke pulau Bali. Kali ini ada lagi pantai baru lainnya yang menyerupai pantai Pandawa di ujung selatan pulau dewata (kecamatan Kuta Selatan) yaitu Pantai Melasti. 

Pantai Melasti Bali dapat dikatakan menyerupai Pantai Pandawa oleh karena para pengunjung melewati jalan diantara bukit-bukit yang menjulang tinggi sebelum melihat pemandangan laut yang menakjubkan. Pantai Melasti bisa menjadi sepopuler atau bahkan lebih populer dari Pantai Pandawa dikemudian hari, hal itu disebabkan tebing-tebing sebelum menuju pantai ini jauh lebih panjang dan lebih putih (dari batuan kapur) serta terdapat banyak kelokannya sebelum terlihat pantainya daripada pantai Pandawa. Pantai ini disebut Pantai Melasti oleh karena seringkali dijadikan tempat mengadakan upacara Melasti (berendam di laut untuk mensucikan diri dalam menyambut tapa brata di hari raya Nyepi).


Alamat Pantai Melasti tepatnya berada di jalan Melasti, Banjar Kelod, di Desa Adat Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung – Bali. Jika dari arah kota Denpasar berjarak 26 km. Jalan menuju pantai Melasti Ungasan bisa berpatokan dari Jimbaran menuju ke arah GWK Cultural Park, terus ke perempatan setelah gerbang utama GWK dimana jika lurus menuju ke Uluwatu – Pantai Padang Padang (Labuan Sait), Pantai Suluban (Blue Point) atau Pantai Dreamland, jika belok kanan menuju Pantai Balangan dan belok kiri melewati jalan Pura Batu Pageh yang akan mengarahkan anda ke Pantai Melasti, Pantai Green Bowl (Batu Pageh) dan Pantai Pandawa.

Belok kiri dan lanjutkan perjalanan menuju ke Balai Banjar Kelod Desa Ungasan dimana anda akan terus diarahkan hingga mencapai jalan Melasti. Teruslah berkendara hingga mencapai Bayan Tree Hotel and Resort, beloklah ke kiri di depan hotel tersebut dan teruslah berkendara melewati tebing kapur berkelok yang putih sebelum tiba di tepian Pantai Melasti desa Ungasan. Waktu tempuh dari arah Jimbaran tersebut kurang lebih 15 menit, kendaraan bermotor roda 2 maupun roda 4 apapun dapat digunakan menuju Pantai Melasti oleh karena jalannya sudah sangat mulus. Namun perlu diperhatikan, tanjakan-tanjakan menuju maupun pulang dari pantai ini sangatlah curam, oleh karena itu sangat tidak disarankan untuk mengendarai kendaraan yang kurang tenaganya untuk melewati tanjakan curam.


Pantai Melasti memiliki daya tarik utama berupa lokasinya yang terletak di ujung bukit kapur yang terjal dan kelokan yang sangat banyak. Pemandangan yang sangat menakjukan dari Pantai Melasti ini sudah dapat dilihat dari atas bukit kapur terjal tersebut, bahkan ada jalan tangga khusus bagi pejalan kaki untuk naik hingga ke puncak bukit untuk dapat melihat keseluruhan Pantai Melasti ini dari tempat yang sangat tinggi (kurang lebih 150 meter dari permukaan laut). Jika diamati di media sosial seperti Instagram, Facebook dan sebagainya, jalanan Pantai Melasti yang terletak di antara jurang dan tebing kapur yang terjal sering menjadi latar belakang foto-foto yang diunggah oleh mereka.

Lautan biru yang sangat jernih, yang menjadi salah satu ciri khas pantai-pantai di ujung selatan pulau Bali, juga menjadi daya tarik utama dari Pantai Melasti. Ikan-ikan kecil yang sedang berenang saat laut surut bisa terlihat dengan jelas dari atas. Pemandangan unik yang terjadi saat laut surut di Pantai Melasti adalah adanya rongga-rongga batu yang seperti membentuk sebuah kolam, yang terlihat berwarna hijau dari atas. Pengunjung biasanya suka berendam di rongga-rongga tersebut saat air surut.

Putih serta lembutnya pasir Pantai Melasti tidak boleh dilupakan, hal itulah yang membuat pengunjung betah berlama-lama bermain atau berjalan dengan kaki kosong di atas pasir pantai ini. Para pengunjung yang membawa anak-anak biasanya melepaskan anak-anak bermain-main diatas pasir di Pantai ini, karena saat laut pasang di Pantai Melasti cukup tidak aman sebagai tempat anak-anak untuk bermain air, tidak seperti di pantai-pantai kawasan Sanur (Pantai Sanur, Pantai Sindhu, Pantai Matahari Terbit) yang lebih cocok untuk tempat bermain air anak-anak.

Adanya gua-gua berkarang berukuran kecil menambah variasi daya tarik wisata di ini. Pengunjung objek wisata yang takut kepanasan dapat berteduh di dalam gua-gua kecil tersebut. Gua-gua ini bisa menampung pengunjung mencapai belasan orang, itulah sebabnya pengunjung lebih leluasa untuk meletakkan barang bawaan mereka di dalam gua ini sambil duduk santai di dalamnya.

Artikel Dikutip dari : http://www.nnoart.com/2016/04/pantai-melasti-bali-ungasan-bukit-kapur.html

No comments:

Post a Comment