Pesona Bukit Campuhan Ubud - Trippy Bali

breaking news

Friday, June 8, 2018

Pesona Bukit Campuhan Ubud


Ubud sendiri merupakan salah satu pusat pariwisata di pulau Dewata, mungkin sementara yang anda kenal pada wilayah ini adalah pusat kota Ubud, monkey forest Ubud , museum dan galery seni lainnya. Namun jarang yang begitu memperhatikan kawasan ini memiliki tempat wisata alam Bukit Campuhan Ubud, menyuguhkan pemandangan bukit hijau dengan lembah-lembahnya yang dipenuhi oleh pepohonan tropis dan juga pemandangan sawah yang terlihat cantik alami.

Beragamnya keindahan yang ditawarkan oleh Ubud, membuatnya menjadi kawasan spesial di mata turis internasional dan domestik. Anda mungkin tidak menyangka kalau kawasan ini ada sebuah bukit kecil, Bukit Campuhan Ubud yang menawarkan pemandangan alam asri dengan jogging track . Di kawasan ini ada sebuah pura bernama Pura Gunung Lebah, sehingga kawasan tersebut dikenal juga dengan nama Bukit Gunung Lebah,  keindahan yang ditawarkan menjadikannya salah satu bagian dari objek wisata di Bali.

Lokasinya berada di balik hotel, sehingga terkesan tersembunyi tidak ada papan nama yang menunjukkan keberadaan objek wisata Bukit Campuhan Ubud tersebut, mungkin ini yang menyebabkan tempat ini kurang begitu dikenal, padahal keindahannya bisa disetarakan dengan berbagai objek wisata di Bali lainnya dan menyegarkan mata dan pikiran pengunjungnya, apalagi bagi yang suka wisata berpetualang, maka bukit Gunung Lebah atau Campuhan Ubud ini wajib dikunjungi.



Objek wisata Bukit Campuhan Ubud memiliki jogging track yang hanya bisa diakses dengan berjalan kaki ataupun dengan sepeda kayuh, karena ada beberapa anak tangga untuk menuju kawasan ini, sehingga kendaraan motor cukup parkir di tempat yang disediakan. Jalur lintasan untuk trekking tersebut berada persis di atas bukit dengan lebar sekitar 1.5 meter dan panjang lintasan sekitar 2 km. Jalan-jalan di Bali terutama jika berada dan merencanakan berkunjung ke Ubud akan sayang sekali untuk melewatkan tempat ini.

Sepanjang perjalanan menyusuri jalur trekking di atas Bukit Campuhan Ubud, anda akan disuguhi pemandangan padang ilalang yang memenuhi permukaan bukit. Bukit Gunung Lebah ini juga diapit oleh 2 anak sungai, sehingga tercipta lembah-lembah dengan rerimbunan pohon-pohon tropis, di kejauhan terlihat sekumpulan pohon nyiur dan hamparan persawahan tersaji indah, di bagian lainnya terlihat sejumlah hotel dan villa yang terdapat di tebing-tebing bukit.


Tempatnya tenang dan nyaman, terbebas dari polusi udara, alami dan menyegarkan. Objek wisata Bukit Campuhan Ubud, berada di kawasan suci Pura Gunung Lebah, sehingga anda yang berkunjung ke sini, terutama pasangan muda-mudi menjaga etika karena masuk ke kawasan suci yang tentunya dikeramatkan oleh penduduk setempat. Jagalah juga kebersihan dan buang sampah pada tempat yang sudah disediakan, karena tidak ada petugas yang standby membersihkan tempat ini.

Bukit Campuhan Ubud dikenal dengan nama lain seperti Bukit Gunung Lebah, Bukit Cinta dan oleh wisatawan asing dikenal dengan nama Campuhan Ridge Walk, banyak versi nama, mungkin karena belum ada papan nama yang terpampang pada tempat wisata di Bali ini. Untuk berkunjung ke sini tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Kalau anda ingin tracking dengan sepeda kayuh, anda bisa dengan mudah menyewanya di Ubud, biaya sewa berkisaran Rp 20.000.

Jika anda berangkat dari arah Kuta, butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil, carilah pusat kota Ubud, karena dari sini hanya butuh 5 menit menuju jalan utama ke arah Barat, cari hotel Ibah yang posisinya di kanan jalan (sebelum jembatan sungai Campuhan), ambil arah menuju hotel Ibah (kalau bingung tanya satpam hotel) kemudian beloklah kiri menuju jalan turunan yang akan mengantar anda sampai pada parkir di sebuah halaman sekolah SMK.

Artikel dikutip dari : https://www.balitoursclub.net/bukit-campuhan-ubud/ 

No comments:

Post a Comment